musik

Teknik Pernafasan Dasar Menyanyi

07:43


nyanyi

menyanyi adalah hal yang menyenangkan, tidak hanya untuk relaksasi diri atau hanya sekedar hobby, tetapi juga mempunyai manfaat kesehatan


Pada umumnya pemula masih kebingungan apa saja sih teknik yang dibutuhkan saat bernyanyi agar kita tampil baik dan maksimal tanpa mencederai diri sendiri.

sebenarnya, menyanyi itu gampang-gampang susah, dan juga tidak boleh asal-asalan, karena kalau salah langkah bisa mencederai organ tubuh yang tentunya berakibat fatal.


nah, kadang kita yang hobby nyanyi sering kali asal buka mulut dan memainkan nada nada tertentu, tentu saja itu tidak salah sobat, asalkan sobat semua tidak memaksakan diri seperti penyanyi aslinya.

karena semua yang berawal dari pemaksaan tentunya kurang menyenangkan dan tidak nyaman bukan?

apabila sobat yang masih pemula ingin belajar teknik dasar menyanyi, bisa memakai tips dibawah ini:


check this out!


 Apa itu Menyanyi?


Bernyanyi  adalah berbicara melalui nada dengan menggabungkan beberapa komponen antara lain notasi, melodi, dan irama atau birama. Nah dalam menggabungkan komponen tersebut, kita perlu mengolah vocal  kita  agar bisa indah didengar dan bisa tersampaikan ke pendengar dengan tepat,  dalam mengolah vocal ada beberapa elemen yang perlu di perhatikan,  elemen-elemen dalam mengolah vocal adalah sebagai berikut :



 Pernafasan


Bernafas memiliki 2 mekanisme atau dua proses, yaitu pernafasan perut atau diafragma dan pernafasan dada. Jika ada seseorang yang bernyanyi lalu menggunakan nafas dada akan terlihat engap atau megap-megap seperti orang yang kehabisan nafas, hal ini dikarena ruang penyimpanan udara di dalam dada sangat minimalis sehingga kurang sesuai untuk bernyanyi yang membutuhkan banyak sirkulasi udara pernafasan. Ciri-ciri orang bernyanyi saat menggunakan nafas dada adalah dadanya mengembang dan mempunyai nafas yang pendek, biasanya sering fals saat bernyanyi, produksi bunyi yang kurang, tidak memiliki power dan intonasi yang kurang pas.  Jika kita bernyanyi dengan menggunakan nafas dada untuk semua nada kemungkinan besar hasilnya menjadi kurang baik  dan memuaskan sehingga dalam mengolah vocal juga tidak bisa dilakukan dengan optimal. Pernafasan ibarat sebuah mesin bagi penyanyi, kalau mesinnya tidak sesuai maka hasilnya pun kurang memadai. nah, teknik pernafasan dada dapat digunakan saat kita ingin menggunakan nada yang teramat rendah, yang tentunya masih dalam jangkauan kita, itupun hasilnya kurang maksimal.


            cara yang benar dalam mengolah vocal atau menghidupkan power vokal yang optimal adalah dengan menggunakan pernafasan diafragma.


apa keunggulan dalam menggunakan pernafasan perut/diafragma?


Pernafasan ini memiliki beberapa keunggulan yang kalau diasah bisa menjadi mesin vokal yang luar biasa dalam mengolah vocal:


1. nafas kita tidak cepat habis saat bernyanyi dengan nada yang panjang

2. pita suara kita tidak cepat habis (serak)

3. bisa memanage nafas dengan baik agar pada saat kita mengeluarkan suara nada bisa teratur

4. menghasilkan power yang kuat

5. menciptakan teknik head voice dan valseto dengan baik

cara melatih pernafasan diafragma :
1. posisikan tubuh berdiri atau duduk tegak
2. Hirup udara sebanyak-banyaknya melalui hidung hingga perut agak menggembung
3. Cara mengetahui udara sudah masuk diafragma, yaitu dengan memegang perut, jika udara telah mengisi sebagian besar diafragma, maka perut akan mengeras atau tegang, tahan beberapa saat
4. kemudian hembuskan perlahan-lahan sambil membunyikan zzzzzz
5. lakukan berulang-ulang setiap hari
6. Sering-seringlah berlatih tangga nada mulai terendah hingga tertinggi agar output vokal stabil saat bernyanyi


narasumber : Eko P.M. ( Mantan Chief Of Art BEM Binawan Health  Science Institute )

You Might Also Like

0 komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Like us on Facebook

created by Ariyani Magenta . Powered by Blogger.