kebidanan

Tinggi Fundus Uteri metode Mc Donald

01:29


MENGUKUR TINGGI FUNDUS UTERI DENGAN TEKNIK MC. DONAL’S
A.                                                    Pengukuran Tinggi Fundus Uterus dengan Mc Donald
Pengukuran tinggi fundus uteri diatas simfisis pubis digunakan sebagai salah satu indikator untuk menentukan kemajuan pertumbuhan janin. Pengukuran tinggi fundus uteri dapat dijadikan perkiraan usia kehamilan. Tinggi fundus yang stabil/tetap atau turun merupakan indikasi adanya retardasi pertumbuhan janin, sebaliknya tinggi fundus yang meningkat secara berlebihan mengidentifikasi adanya jumlah janin lebih dari satu atau kemungkinan adanya hidramnion .
Pengukuran tinggi fundus uteri harus dilakukan dengan teknik yang konsisten pada setiap kali pengukuran dan dengan menggunakan alat yang sama, alat ukur ini dapat berupa pita/tali atau dengan menggunakan pelvimeter. 
Beberapa prinsip yang harus diperhatikan dalam mengukur tinggi fundus uteri dengan teknik Mc Donald adalah :
1. Alat ukur panjang ( meteran ) yang digunakan tidak boleh elastic
 
2. Saat melakukan pengukuran tinggi fundus uteri , kandung kemih ibu harus dikosongkan
3. Posisi ibu saat diukur setengah duduk untuk menghindarkan terjadinya gangguan peredaran darah baik pada ibu maupun janin. Perkembangan dalam praktik kebidanan yang diterbitkan pengurus IBI pusat, menjelaskan efek fisiologis ynag terjadi pada ibu hamil dalam posisi tidak terlentang, yaitu kemungkinan terjadinya penekanan uterus terhadap vena pelvis mayor, bvena cava inferior, dan bagian dari aorta desenden. Dengan demikian, hal ini dapat mengurangi sirkulasi darah ke jantung bagian kanan. Akiba pengurangan aliran darah ke jantung, dapat terjadi pengurangan oksegenasi ke otak, yang dapat menyebabkan pingsan.
Tujuan Pemeriksaan Tinggi Fundus Uterus dengan teknik Mc Donald :
1. Dari usia kehamilan 22 minggu sampai dengan 35 minggu, untuk menentukan usia kehamilan berdasarkan perhitungan minggu, dan hasilnya dapat dibandingkan dengan hasil anamnesis hari pertama haid terakhir (HPHT) dan kapan gerakan janin dapat dirasakan. Tinggi fundus uteri dapat dicatat dalam centimeter (CM),yang harus sama dengan umur kehamilan dalam minggu yang ditentukan berdasarkan HPHT.
Misalnya, jika usia kehamilannya 33 minggu, tinggi fundu uteri harus 33cm. jika pengukuran berbeda 1-2cm, masih bisa ditoleransi, tetapi jika deviasi lebih kecil 2cm dari usia kehamilan, kemungknan ada gangguan pertumbuhan janin, sedangkan bila deviasi lebih besar dan 2cm kemungkinan terjadi bayi kembar, polihidramnion, janin besar.  

 2. Dari usia kehamilan 36 minggu hingga ada tanda-tanda persalinan, untuk menghitung taksiran berat janin yang dikombinasi dengan teori Johnson dan Tausack.
Untuk mendapatkan ketepatan pengukuran digunakan rumus Mc. Donald’s. Pengukuran tinggi fundus uteri ini dapat dilakukan pada saat usia kehamilan memasuki trimester II dan III.
B.                                                     Penempatan Meteran Pengukuran Tinggi Fundus Uterus
Penempatan meteran pengukur juga bervariasi, diantaranya :
a.    Meteran menyentuh kulit sepanjang uterus
1)             Meteran dapat diletakan dibagian tengah abdomen wanita dan pengukuran dilakukan dengan mengukur dari atas simpisis pubis sampai ke batas fundus. Meteran pengukuran ini menyentuh kulit sepanjang uterus. 
2)             Tangan kiri dan tangan kanan menentukan bagian fundus uterus berada di tengah abdomen . Setelah fundus uteri diposisikan tepat ditengah abdomen tangan kiri menahan  fundus uteri tangan kanan menempelkan meteran yang terbalik tepat ditengah, mulai dari fundus uteri sampai tepi atas tulang simfisis pubis, atau mulai dari tepi atas tulang simfisis pubis samapai fundus uteri. Mengangkat meteran dan membalik, kemudian membaca hasil pengukuran 
b.    Tidak melibatkan pengukuran lekukan fundus bagian atas.
1)      Salah satu ujung meteran diletakan dibatas atas simpisis  pubis dengan satu tangan
2)      Tangan yang lain diletakan dibatas atas fundus
3)      Meteran diletakan diantara jari telunjuk dan jari tengah dan pengukuran dilakukan sampai titik dimana jari mengapit meteran. 
C. Penatalaksanaan Mengukur Tinggi Fundus Uteri dengan teknik Mc Donald
1.      Menyiapkan alat
a.    Alat ukur yang tidak elastis
b.    Kalender kehamilan
c.    Alat-alat ditata pada tempat yang telah disediakan saat mempersiapkan alat untuk pemeriksaan inspeksi
d.   Status ibu
2.      Menyiapkan ibu (dilaksanakan bersamaan dengan persiapan inspeksi)
a.    Menjelaskan tujuan pemeriksaan
b.    Mengatur posisi ibu berbaring setengah duduk dengan menggganjal bantal di bagian punggung bawah untuk kenyamanan ibu dan kedua kaki diluruskan 
3.      Melaksanakan pemeriksaan 
a.    Pemeriksaan berdiri disebelah kanan ibu
b.    Meteran didekatkan sehingga mudah mengambil waktu pemeriksaan
c.    Tangan kiri dan tangan kanan menentukan bagian fundus uterus berada di tengah abdomen
d.   Setelah fundus uteri diposisikan tepat ditengah abdomen tangan kiri menahan  fundus uteri tangan kanan menempelkan meteran yang terbalik tepat ditengah, mulai dari fundus uteri sampai tepi atas tulang simfisis pubis, atau mulai dari tepi atas tulang simfisis pubis samapai fundus uteri
e.    Mengangkat meteran dan membalik, kemudian membaca hasil pengukuran
f.     Menggulung pita meteran dengan rapi dan menempelkan pada tempatnya
g.    Mencari hasil pemeriksaan pada status ibu. 
D. Perhitungan Tinggi Fundus Uterus
Perhitungan Tinggi Fundus Uterus dikalkulasi sebagai berikut :
a. Menentukan Usia Kehamilan
1).   Tinggi Fundus (cm) x 2/7 =  ( durasi kehammilan dalam bulan )
2).   Tinggi Fundus (cm) x 8/7 = ( durasi kehamilan dalam minggu )
3).   Tinggi Fundus uteri dalam sintimeter (cm), yang normal harus sama dengan umur kehamilan dalam minggu yang ditentukan berdasarkan hari pertama haid terakhir. Misalnya, jika umur kehamilannya 33 minggu, tinggu fundus uteri harus 33 cm. jika hasil pengukuran berbeda 1-2 cm, masih dapat ditoleransi, tetapi jika deviasi lebih kecil 2 cm dari umur kehamilan, kemungkinan ada gangguan pertumbuhan janin, sedangkan bila deviasi lebih besar dari 2 cm, kemingkinan terjadi bayi kembar, polihidramnion, atau janin besar. 
b. Menentukan Perkiraan Berat Badan Janin menurut jhonson
Berat janin (dalam gram) sama dengan pengukuran fundus (dalam sentimeter) dikurangi n, yaitu 12 jika kepala pada atau diatas spina iskhiadika atau 11 jika kepala dibawah spina iskhiadika atau sudah masuk panggul dikali 155 .

mengukurtinggiuterus
mengukur tinggi uterus


You Might Also Like

0 komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Like us on Facebook

created by Ariyani Magenta . Powered by Blogger.